:: Selamat membaca | Semoga bermanfaat | FOLLOW ME @Insenia-id.blogspot.com ::

Tuesday, May 20, 2014

Efek Negatif Begadang yang Perlu Kamu Ketahui

"Wajah kita benar-benar terlihat sangat jelek karena kegiatan begadang ini"
Hai guys! Bang Rhoma pernah bernyanyi dalam salah satu lagunya "Begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Begadang boleh saja kalau ada perlunya". Kalau kita pelajari lebih jauh, memang apa sih efek negatif dari begadang? Ternyata banyak guys. Dan kita tentu tak mau kan merusak tubuh kita sendiri gara-gara begadang yang tidak jelas. Begadang boleh, tapi jangan terlalu sering, apalagi hampir setiap hari begadang, kita bisa sok kuat padahal sebenarnya tubuh kita sudah tidak kuat.

Dan berikut ini beberapa efek negatif jika terlalu sering begadang.

1. Perubahan fisik


Perubahan fisik karena terlalu sering begadang meliputi muka pucat, munculnya kantung mata yang semakin besar dan  terlihat jelas, mata sering memerah, dan muka yang mudah berkeringat. Wajah kita benar-benar terlihat sangat jelek karena kegiatan begadang ini. Belum lagi tubuh kita yang semakin kurus karena waktu tidur dan pola makan yang tidak teratur.

2. Mudah terserang penyakit


Angin malam sangat tidak baik bagi kesehatan. Saat kita begadang biasanya kita menyepelekan hal tersebut, hingga besoknya kita baru terkena imbasnya seperti mudah terserang penyakit demam atau flu. Begadang juga tidak baik bagi kesehatan jantung kita.

3. Mudah marah


Ternyata begadang juga berpengaruh terhadap kejiwaan kita. Orang yang jam tidurnya kurang biasanya akan menjadi mudah marah dan stress. Istirahat yang cukup adalah salah satu cara untuk mengendalikan emosi kita.

4. Tidak fokus


Orang yang tidak memiliki waktu cukup untuk istirahat biasanya akan menjadi tidak fokus dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Beda ketika kamu melakukan kegiatan sehabis beristirahat yang cukup, energi dan konsentrasi menjadi lebih penuh sehingga kita bisa fokus melakukan aktifitas kita sehari-hari.

5. Insomnia dan Sleep Paralysis


Sleep Paralysis atau orang awam menyebutnya dengan tindihan adalah suatu kejadian dimana kita terbangun dari tidur namun sama sekali tidak bisa bergerak. Beberapa orang menganggap hal ini merupakan kejadian spiritual saat setan atau hantu menindih tubuh kita. Namun sebenarnya bukan demikian, sleep paralysis terjadi karena otak kita lebih dahulu sadar sebelum tubuh kita diperintah untuk bangun. Salah satu penyebab sleep paralysis adalah karena kurang tidur dan waktu tidur yang tidak teratur. insenia-id.blogspot.com

Reactions:

4 comments: