:: Selamat membaca | Semoga bermanfaat | FOLLOW ME @Insenia-id.blogspot.com ::

Saturday, May 31, 2014

Beragam Manfaat Kuda Bagi Kehidupan Manusia

"Tim peneliti arkeologi di Inggris menemukan bukti bahwa manusia sudah menjinakkan bangsa kuda sejak 5500 tahun yang lalu"
 

Hai guys! Kuda merupakan hewan mamalia berkaki empat yang dikenal karena tenaga larinya dan sering dimanfaatkan oleh manusia sebagai hewan tunggangan serta kendaraan darat pada jaman dahulu kala. Merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan, kuda biasanya jinak dan akrab dengan manusia kecuali jika mereka merasa dalam keadaan terancam. Beberapa kuda melindungi diri mereka dengan tendangan kaki belakang saat musuh mereka lengah.

Kuda memiliki bentuk tubuh yang agak berbeda di setiap belahan dunia, seperti kuda di Islandia yang memiliki rambut tebal dan panjang menyesuaikan dengan iklim dingin disana. Sementara kuda lain juga memiliki tubuh yang lebih pendek seperti kuda poni. Kedekatan kuda dengan manusia telah berlangsung sejak lama, dan berikut ini merupakan kegunaan hewan simbol kekuatan dan kejantanan ini bagi kehidupan manusia.

1. Sebagai tunggangan / kendaraan darat

Tim peneliti arkeologi di Inggris menemukan bukti bahwa manusia sudah menjinakkan bangsa kuda sejak 5500 tahun yang lalu. Pada jaman tersebut, kuda banyak dimanfaatkan tenaganya sebagai pengangkut barang, penarik pedati/dokar, dan sebagai kuda tunggangan. Kuda juga kerap digunakan sebagai tunggangan para bangsawan dan raja-raja jaman dulu.

2. Digunakan dalam perang

Kuda pada jaman dahulu juga digunakan sebagai armada perang, beberapa kuda dilatih untuk digunakan di medan perang melawan para musuh. Kuda-kuda ini kemudian diberi seragam layaknya seorang prajurit perang.

3. Dilatih untuk pacuan kuda

Pacuan kuda sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Kuda dilatih untuk berpacu menuju garis finish melawan kuda dari peserta lain. Balap kereta kuda sangat populer pada masa Romawi kuno. Di kalangan masyarakat Nordik juga dikenal pacuan kuda milik dewa Odin dengan raksasa Hrungnir dalam mitologi mereka. Olah raga ini sering disebut sebagai olah raga para raja.

4. Diambil susunya

Susu kuda seringkali disebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, kanker payudara, kanker leher rahim, dan bahkan meningkatkan gairah seksual. Dan ternyata kandungan vitamin dalam susu kuda lebih banyak daripada susu sapi. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu kuda antara lain: Vitamin A, B2, B6, B12, C, E,  zat besi, kalsium, kalium dan magnesium.

5. Dikonsumsi dagingnya

Daging kuda rasanya agak manis, empuk, rendah lemak, dan berprotein tinggi. Dikatakan mirip dengan daging sapi dan daging babi, namun daging kuda dianggap tabu dalam banyak kebudayaan. Meski begitu daging kuda dipercaya dapat memperkuat daya tahan dan vitalitas tubuh. Daging kuda juga memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi, serta rendah kolesterol. Di Indonesia, daging kuda kebanyakan dimasak dalam bentuk sup dan sate.

6. Sebagai penggembala ternak

Beberapa orang jaman dulu juga menggunakan kuda untuk menggembala ternak seperti domba. Kuda digunakan untuk menggiring ternak ke padang rumput atau kembali ke kandang.

insenia-id.blogspot.com

Reactions:

0 comments:

Post a Comment