:: Selamat membaca | Semoga bermanfaat | FOLLOW ME @Insenia-id.blogspot.com ::

Sunday, May 18, 2014

Menapaki Bukit Istana Ratu Boko

"Mengapa saya merekomendasikan tempat yang satu ini, karena sungguh pemandangan yang kalian dapatkan dari atas komplek istana ini ternyata sangat menakjubkan"
Hai guys! Sudah pernah ke Candi Prambanan? Kalau kalian hendak pergi ke Candi Prambanan jangan lupa untuk menyempatkan mampir ke Istana Ratu Boko yang letaknya tak jauh dari komplek Candi Prambanan. Mengapa saya merekomendasikan tempat yang satu ini, karena sungguh pemandangan yang kalian dapatkan dari atas komplek istana ini ternyata sangat menakjubkan.

Dimana letak Istana Ratu Boko?

Istana Ratu Boko berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari komplek Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta. Gampangnya untuk kesini kita bisa mulai dari gapura perbatasan antara Jawa Tengah dan DIY yang letaknya tidak jauh dari Candi Prambanan. Dari sana kita menuju ke arah selatan melewati Pasar Prambanan hingga menemui pintu gerbang ke arah Istana Ratu Boko di kiri jalan.

Berapa harga tiket masuk ke Istana Ratu Boko?

Tiket masuk ke tempat ini Rp. 25.000 per orang. Memang cukup mahal, tapi percayalah ini sebanding dengan apa yang kalian dapatkan disini. Loket masuk ke tempat wisata ini ada 2, satu berada di bagian bawah menaiki anak tangga, dan satunya lagi berada diatas melewati kampung penduduk. Halaman parkirnya sendiri juga terbilang cukup luas.

Lalu apa yang kita lihat disana?

Sebuah komplek reruntuhan Istana yang mengagumkan. Meskipun sebagian besar bangunan ini telah runtuh dan hanya menyisakan gerbang utama dan beberapa bagian istana yang masih tersisa, namun kita bisa mengimajinasikan sendiri betapa megahnya bangunan ini ketika masih dalam keadaan utuh.

1. Gerbang menuju Istana Ratu Boko


Merupakan bangunan yang paling ikonik dan yang pertama kali akan kita lihat saat memasuki komplek istana ini. Gerbang ini masih berdiri kokoh hingga sekarang dan memiliki arsitektur kental budaya Jawa. memasuki gerbang ini kita akan disuguhkan sebuah halaman rumput luas.

2. Punden berundak


Di halaman luas tersebut kita masih menemukan satu bangunan yang tersisa, yaitu sebuah bangunan punden berundak yang diatasnya kita bisa melihat sebuah lubang yang konon katanya digunakan sebagai ritual pembakaran jenazah.

3. Pos pemandangan


Tidak jauh dari punden tersebut terlihat sebuah pos kecil diatas bukit, setelah mencoba kesana ternyata dari sinilah pemandangan Candi Prambanan dan Gunung Merapi dari atas terlihat sangat cantik. Disana saya juga menemui beberapa turis asing ikut menikmati pemandangan ini.

4. Sisa reruntuhan pendopo


Setelah berkutat di lapangan luas tersebut masuk lebih dalam lagi kita dapat melihat sisa reruntuhan bangunan yang mirip sebuah pendopo. Meskipun hanya tinggal puing dan lantai batu yang masih tersusun rapi, namun beberapa bekas pilar dan altar masih bisa kita lihat disini.

5. Kolam pemandian


Di pojok sebelah tenggara reruntuhan ini kita bisa melihat beberapa lubang-lubang kolam pemandian yang masih berisi air. Konon katanya dulu tempat ini sering dijadikan sebagai tempat mandi para putri-putri raja.

Sebenarnya masih ada satu lagi tempat yang membuat saya penasaran, yaitu sebuah gua yang letaknya tak jauh dari kolam tersebut. Namun karena hari sudah menjelang petang saya pun memutuskan untuk pulang. Mungkin lain kali saya akan mencoba kesana. insenia-id.blogspot.com

Reactions:

0 comments:

Post a Comment