:: Selamat membaca | Semoga bermanfaat | FOLLOW ME @Insenia-id.blogspot.com ::

Monday, May 19, 2014

Cara Jitu Mengatasi Rasa Kantuk

"Bernyanyi sekencangnya adalah salah satu solusi, meskipun tidak dijamin 100% berhasil"
Hai guys! Siapa dari kalian yang tak pernah merasa ngantuk? Kantuk adalah keinginan kita untuk tidur, yaitu kondisi dimana mata kita sudah mulai lelah dan ingin beristirahat. Jadi, ngantuk adalah semacam warning system dalam tubuh kita dan akan aktif ketika datang waktunya kita untuk tidur. Namun bagaimana bila rasa kantuk menyerang saat kita diharuskan untuk tetap terjaga dan melakukan aktivitas tertentu. Aktivitas yang dilakukan saat merasa kantuk hanya akan membahayakan diri sendiri dan juga orang lain disekitar Anda.

Rasa kantuk memang tak bisa dihindari, namun setidaknya ada beberapa tips dari saya yang semoga saja bermanfaat bagi Anda saat ngantuk mulai datang. Tips berikut setidaknya dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa kantuk, namun bila rasa kantuk Anda benar-benar hilang, setelah beraktivitas tetap paksakan untuk tidur, karena dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Berikut tips dari saya:

1. Minum Kopi Hitam


Ini adalah cara yang paling umum dilakukan setiap orang ketika merasa ngantuk. Namun bagi sebagian orang hal ini ternyata tidak memberikan efek yang berarti, namun tetap patut untuk Anda coba. Atau malah, sebelum kopi habis diminum justru Anda sudah tertidur pulas (Yaah..).

2. Membasuh Muka


Membasuh wajah Anda dengan air memberikan kesegaran yang dapat sedikit menghilangkan rasa kantuk. Meskipun begitu, efek ini tidak akan lama. Usahakan membasuh wajah Anda dengan facial foam yang mengandung menthol, dijamin wajah Anda akan segar kembali.

3. Minum Es dan Asam-asaman


Es memberi rasa kesegaran, sedangkan rasa asam akan membuat Anda bergidik dan menjadi segar kembali. Namun hal ini juga tergantung dari rasa kantuk Anda saat itu.

4. Oleskan Minyak Kayu Putih / Mint


Cara ini sangat jitu, asal Anda betah sedikit tersiksa dengan cara ini. Caranya cukup simpel, Anda hanya harus mengoleskan minyak tersebut tepat dibawah kedua mata Anda. Rasa pedas disekitar mata akan merangsang mata Anda untuk segar kembali.

5. Bernyanyi, Ngobrol, dan Tertawa


Bernyanyi sekencangnya adalah salah satu solusi, meskipun tidak dijamin 100% berhasil. Meskipun begitu berbicara dengan orang lain akan membuat Anda lupa dengan rasa kantuk. Terlebih jika Anda bisa tertawa, karena tertawa merupakan cara yang paling jitu dari kelima tips ini. Hanya saja masalahnya, saat Anda ngantuk Anda akan sulit tertawa lepas. insenia-id.blogspot.com

Reactions:

0 comments:

Post a Comment