:: Selamat membaca | Semoga bermanfaat | FOLLOW ME @Insenia-id.blogspot.com ::

Sunday, May 25, 2014

Hati-Hati, Jangan Sepelekan Sakit Punggung

"Beban ideal yang aman untuk dibawa adalah sebanyak 10 persen dari berat tubuh kita"
Hai guys! Curhat dikit nih, belakangan ini saya merasakan nyeri atau rasa sakit di bagian punggung atas dan bawah. Minggu-minggu pertama biasa saja, namun semakin kesini semakin gawat, kira-kira sudah hampir 7 bulan saya alami dan malah semakin parah. Sekarang saja untuk berdiri dari posisi duduk yang lama saya harus agak membungkuk sedikit baru kemudian bisa berdiri tegak dengan sedikit mendorong tulang belakang maju ke depan. Sangat merepotkan.

Ternyata apa yang saya alami ini terjadi karena faktor posisi duduk yang tidak baik, sering duduk seharian, dan kasur yang kurang nyaman. Bagi kalian yang tidak ingin mengalami hal ini sebaiknya perhatikan kebiasaan penyebab sakit punggung seperti dibawah ini.

1. Kasur yang tidak nyaman


Posisi tidur atau kondisi tidur kita ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan tulang, terutama punggung. Tidak memilih kasur yang terlalu lembek atau terlalu kasar merupakan pilihan yang tepat agar kita tetap dapat berdiri tegak saat bangun keesokan harinya.

2. Sering membawa beban berat


Sering membawa tas atau beban yang berat dapat mengakibatkan sakit punggung, usahakan jangan membawa beban terlalu berat yang bertumpu pada sebagian sisi tubuh, hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh kita menjadi tidak seimbang. Beban ideal yang aman untuk dibawa adalah sebanyak 10 persen dari berat tubuh kita.

3. Sering marah


Cukup mengejutkan, karena menurut sebuah penelitian ternyata belajar memaafkan dengan menahan amarah, depresi, dan kekesalan dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh. Emosi dalam diri akan membuat otot menegang dan secara tidak langsung mempengaruhi rasa sakit pada tubuh.

4. Duduk terlalu lama


Duduk berlama-lama di depan komputer saat bekerja dapat mengganggu postur tubuh yang menyebabkan sakit pada otot punggung karena tidak aktif bergerak *curhat*. Duduk juga memberikan 50 persen beban tubuh pada tulang belakang. Jika pekerjaan menuntut kalian untuk duduk berlama-lama, pastikan posisinya sudah benar.

5. Stres


Jika kalian sering stres, sebaiknya hindari hal tersebut. Karena saat pikiran kita stres, seluruh tubuh akan ikut stres. Otot pada bagian belakang dan leher akan ikut menegang. Otot-otot tersebut tak bisa rileks dan menyebabkan sakit termasuk di bagian punggung.

6. Kurang berolahraga


Kalau ini jelas, jika kita mau sehat ya harus rajin berolahraga. Berolahraga setiap hari beberapa menit saja secara rutin dapat mengurangi resiko terserang penyakit dari dalam maupun luar tubuh.

7. Mengkonsumsi Junk food


Junk food atau makanan cepat saji memiliki kalori yang tinggi tapi nutrisinya sangat rendah dan bisa sebabkan kegemukan. Bobot tubuh yang bertambah biasanya akan menumpuk pada area punggung. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan pinggul jadi maju ke depan dan menekan tulang belakang. Orang gemuk juga lebih rentan terserang osteoporosis.

Jadi, ingat pesan saya diatas. Sakit punggung itu sangat tidak menyenangkan. insenia-id.blogspot.com

Reactions:

0 comments:

Post a Comment