:: Selamat membaca | Semoga bermanfaat | FOLLOW ME @Insenia-id.blogspot.com ::

Tuesday, May 31, 2016

Nama-Nama Hewan Yang Dijadikan Kata Umpatan

Dikutip dari Wikipedia, mengumpat adalah salah satu perbuatan tidak bermoral di mana seseorang memberitahu sesuatu keburukan atau aib kepada orang lain tanpa pengetahuan orang yang dimaksudkan itu. Dalam praktek sehari-hari mengumpat biasanya dilakukan seseorang saat mereka merasa sial atau membenci seseorang, yang jelas mengumpat adalah perbuatan yang tidak menyenangkan dan merupakan ungkapan emosi dari seseorang yang dilakukan dengan ucapan kasar atau tidak terpuji.

Di Indonesia, beberapa kata umpatan ternyata mengambil dari nama-nama hewan. Berikut ini nama-nama hewan yang dijadikan sebagai kata umpatan.

1. Anjing


Anjing diketahui sebagai hewan peliharaan yang cerdas dan setia, namun di Indonesia hewan yang satu ini juga menjadi kata umpatan yang sering didengar. Padahal, selain cerdas dan setia, anjing mempunyai banyak kegunaan bagi manusia, termasuk sebagai penjaga rumah atau menjadi anjing pelacak. Bahkan di beberapa negara seperti Amerika keberadaan anjing sangat dihargai seperti manusia pada umumnya.

2. Babi


Babi dikenal sebagai hewan yang menjadi rumah bagi berbagai parasit sehingga banyak orang menganggap babi sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Namun dalam beberapa tradisi, seperti di China, daging babi menjadi makanan wajib dalam setiap masakan. Semasa hidupnya babi suka berada di tempat yang kotor, memakan segala, bahkan termasuk kotorannya sendiri yang tercampur dengan pakan.

3. Monyet


Primata yang satu ini memiliki kecerdasan diatas rata-rata yang dimiliki hewan lain pada umumnya, bahkan salah satu spesies dari mereka merupakan hewan tercedas di planet bumi. Selain itu monyet juga memiliki banyak kemiripan dengan anatomi tubuh manusia, namun, mungkin karena wajahnya yang dianggap jelek (jika dibandingkan manusia) monyet juga digunakan orang-orang sebagai kata umpatan.

4. Kampret


Mungkin beberapa orang sudah tahu, atau ada yang belum tahu? Ya, jika kamu sering mendengar kata kampret, yang dimaksud adalah kelelawar. Mamalia yang aktif mencari makan di malam hari ini menggunakan gelombang ultrasonik untuk navigasi. Tidak seperti hewan kotor lainnya, kelelawar atau kampret adalah hewan yang sangat bersih dan secara teratur membersihkan tubuhnya.

5. Bangsat


Sebenarnya banyak julukan untuk hewan yang satu ini, sebagian besar orang mengenalnya dengan nama Kutu Busuk, beberapa lainnya memanggilnya Bangsat, kepinding, tinggi, atau tumila. Bangsat dikenal sebagai spesies yang meminum darah manusiaatau hewan lainnya. Serangga ini bisa menggigit tanpa disadari korbannya, ia akan menimbulkan bekas gigitannya yang berupa bentol dan terasa gatal serta panas pada korbannya, menimbulkan penyakit ruam-ruam, efek psikologis, dan gejala alergi. Hewan ini beraroma tidak sedap dan sangat menyengat di hidung. Dan diantara kelima hewan diatas memang Bangsat alias Kutu Busuk ini yang paling cocok digunakan sebagai kata umpatan. insenia-id.blogspot.co.id

Reactions:

0 comments:

Post a Comment