:: Selamat membaca | Semoga bermanfaat | FOLLOW ME @Insenia-id.blogspot.com ::

Saturday, May 17, 2014

Tak Perlu Ke Luar Negeri, Kita Punya Lebih

"Kita punya Bali yang tak kalah dengan Hawaii, kita punya Wakatobi yang tak kalah dengan Kepulauan Maldives"
Hai guys! Apa kalian termasuk orang yang suka bepergian ke luar negeri? Pikirkan sekali lagi untuk itu, Indonesia punya sesuatu yang lebih kawan. Kita punya Bali yang tak kalah dengan Hawaii, kita punya Wakatobi yang tak kalah dengan Kepulauan Maldives. Tidak hanya itu, bahkan kita sebenarnya punya beberapa tempat yang tak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata di luar negeri sana. Berikut adalah sebagian tempat menarik di Indonesia yang mungkin kalian lupakan.

1. Tak perlu ke Angkor Watt, kita punya Candi Prambanan


Angkor Watt merupakan sebuah kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, Kamboja. Kuil ini dibangun oleh Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12. Pembangunan kuil Angkor Wat memakan waktu selama 30 tahun.

Sementara di Indonesia kita punya Candi Prambanan yang tak kalah dengan Angkor Watt, yaitu kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

2. Tak perlu ke Yerusalem, kita punya Manado


Yerusalem adalah sebuah kota di Timur Tengah yang merupakan kota suci bagi agama Yahudi, Kristen dan Islam. Kota historis Yerusalem adalah sebuah warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO mulai tahun 1981.

Sementara di Indonesia kita punya Manado yang hampir mirip dengan Yerusalem namun memiliki keunikan tersendiri. Mengapa mirip? Kota Manado yang berada di tepi pantai Laut Sulawesi persisnya di Teluk Manado ini juga merupakan tempat yang menjunjung tinggi keberagaman agama di Indonesia, dengan karunia Tuhan berupa keindahan alam yang tak kamu temukan di Yerusalem.

3. Tak perlu ke Ayers Rock, kita punya Bukit Kelam


Uluru, dikenal juga sebagai Ayers Rock, adalah sebuah formasi batu berukuran besar di Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta, sekitar 350 km di barat daya kota Alice Springs, Northern Territory, Australia. Uluru adalah benda keramat bagi para Aborigin dengan banyak mata air, gua, dan lukisan primitif.

Sementara di Indonesia kita juga punya satu batuan utuh raksasa yang bernama Gunung Kelam atau Bukit Kelam. Yaitu sebuah gunung yang terletak di Kalimantan Barat. Gunung ini memiliki tanaman endemik kantong semar dari spesies Nepenthes clipeata. Gunung Kelam membentang dari barat ke timur dengan ketinggian 1.002 mdpl merupakan sebongkah batu raksasa (monolit) terbesar di dunia.

4. Tak perlu ke Machu Picchu, kita punya Wae Rebo


Machu Picchu sering juga disebut "Kota Inca yang hilang" adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m di atas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco.

Sementara di Indonesia kita punya Wae Rebo, yaitu sebuah kampung adat yang memiliki bangunan Mbaru Niang. Mbaru Niang merupakan rumah adat yang berada di Pulau Flores. Rumah adat Mbaru Niang ini sangat unik berbentuk kerucut dan memiliki 5 lantai dengan tinggi sekitar 15 meter. Mbaru Niang telah mendapatkan penghargaan tertinggi kategori konservasi warisan budaya dari UNESCO Asia-Pasifik tahun 2012 dan menjadi salah satu kandidat peraih Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur tahun 2013.

5. Tak perlu ke Kuil Parthenon, kita punya Istana Ratu Boko


Parthenon adalah kuil Yunani yang dibangun untuk dewi Athena, pelindung Athena pada abad ke-5 SM. Parthenon dianggap sebagai simbol Yunani Kuno dan demokrasi Athena, dan merupakan salah satu monumen budaya terbesar dunia.

Sementara di Indonesia kita punya Ratu Boko, yaitu sebuah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari komplek Candi Prambanan. Kompleks ini bukan candi atau bangunan dengan sifat religius, melainkan sebuah istana berbenteng dengan bukti adanya sisa dinding benteng dan parit kering sebagai struktur pertahanan. Sama-sama dibangun diatas bukit, pemandangan dari atas istana ini bahkan tak kalah dengan pemandangan yang dimiliki Parthenon.

6. Tak perlu ke Puncak Elbrus, kita punya Carstensz Pyramid


Gunung Elbrus merupakan sebuah gunung di Rusia, dekat perbatasan Georgia. Gunung ini terletak di bagian selatan di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 5.642 m dan merupakan gunung terbesar di Rusia.

Sementara di Indonesia kita punya Puncak Jaya atau Carstensz pyramid, sebuah puncak yang menjadi bagian dari Pegunungan Jayawijaya yang terdapat di Papua. Puncak Jaya mempunyai ketinggian 5.030 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz. Puncak ini merupakan gunung yang tertinggi di kawasan Oceania. Tambang emas Freeport dapat dilihat dari puncak ini.

7. Tak perlu bermimpi ke Jurassic Park, kita punya Jurassic Park yang sesungguhnya


Jurassic Park yang saya maksud adalah Taman Nasional Komodo yang terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Merupakan satu-satunya tempat dimana naga terakhir di bumi tinggal dan beranak pinak. Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil. Wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km².

Bagaimana? Masih ingin pergi ke luar negeri setelah membaca ini? insenia-id.blogspot.com

Reactions:

4 comments: